Ringworm Jamur Pada Kucing oleh : Drh Dewi Rina Sari dokter hewan dan staf medis UPT Poliklinik Hewan Tegal Turi, Giwangan, Umbulharjo- Pemerintah Kota Jogjakarta.

Ringworm adalah sejenis penyakit pada kucing yang disebabkan oleh jamur dengan ciri-ciri sangat spesifik yaitu adanya lingkaran merah pada kulit. Pada dasarnya penyakit ini tergolong ringan tapi kesembuhan lumayan lama yaitu antara satu sampai enam bulan lebih.
Menurut drh. Dewi dari klinik hewan kota yogyakarta penyakit ringworm dapat disebabkan karena manajemen perkandangan pada hewan yang terlalu lembab ataupun lingkungan yang mempunyai kelembaban yang tinggi. Jenis penyakit ini sangat lama sembuhnya dan perlu biaya yang tidak sedikit, maka dari itu untuk mencegah terjadinya penyakit kulit ini perlu di rancang lanscaping perkandangan yang memenuhi syarat. Adapun cara untuk mencegah terjadinya penyakit ini diperlukan lingkungan yang jauh dari lembab, ventilasi udara cukup serta kepadatan hewan tidak terlalu tinggi. Penyakit ringworm ini dapat
menular ke hewan lain maupun ke manusia, maka dari itu karantina untuk hewan yang sudah terkena diperlukan untuk mencegah meluasnya penyakit ini kepada hewan yang sehat. Vaksin untuk penyakit ini sebenarnya sudah ada tetapi efektifitasnya masih belum di ketahui secara jelas.

Pastikan keringsesudah mandi
Pengobatan pada penyakit ini bisa diberikan shampo jamur akan tetapi tidak sembarangan pemberiannya, kita harus mencari spoting area yaitu di mana tempat yang terkena jamur ini difokuskan dengan cara di usap yang lebih keras dengan menekan sehingga kerakkerak yang terinfeksi jamur terangkat.
Pencukuran bulu di sekitar spoting juga perlu dilakukan. Saat pemberian salep jamur, penyisiran bulu juga perlu di balik dari arah belakang ke muka untuk mengontrol proses kesembuhan penyakit ini.
Penyebab lain yang sering terjadi adalah Grooming (memandikan) yang kurang bersih dan kurang kering, sehingga banyak kasus setelah di grooming malah terjadi ringworm. Kontrol dan tehnik sehabis grooming sangat diperlukan sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit ini. Grooming khusus untuk penyakit jamur ini perlu di lakukan dengan frekuensi yang lebih sering dari pada mandi biasa, pengobatan secara oral juga perlu di lakukan dengan petunjuk dokter hewan.
Pemberian salep juga perlu dilakukan dengan terlebih dahulu membersihkan lokasi yang terkena jamur.
Keberhasilan pengobatan tidak lepas pula dari pemilik hewan yang selalu memberikan pengobatan sesuai saran dokter hewan dengan kata lain telaten, karena penyakit ini tergolong ringan. Waalaupun begitu, tanpa ada perawatan dari pemilik hewan akan lebih lama lagi proses kesembuhan terjadi. Penjemuran hewan yang terkena jamur juga perlu di lakukan, akan tetapi kendala saat musim hujan akan memperlama proses
kesembuhan dibandingkan pada saat musim panas.

0 komentar:

Posting Komentar