Rindi Riyani S.Kom : Membelai Musang? Siapa Takut?

Galak dan seram? Mungkin itu kesan kita saat melihat musang. Binatang satu ini memang kadang menjadi hama bagi ternak. Namun siapa sangka jika dijadikan peliharaan dia bisa cantik dan menarik. Musang tak kalah dengan kucing atau peliharaan lainnya. Banyak yang sudah menyuka hewan ini untuk dijadikan bagian dari peliharaan rumah.
Rindy Riyani (25) di Palembang sudah membuktikan bahwa memelihara musang sama menariknya
seperti mempunyai kucing. Rindy memelihara hewan ini sejak bulan Mei 2012. Jenis musang yang dipeliharanya adalah musang bulan. Tak tanggung-tanggung 3 ekor musang bulan dipelihara dirumahnya. Awal ketertarikannya sendiri, terjadi saat Rindy dipaksa untuk menggendong musang ini. Dari situ, ternyata ia malah langsung jatuh cinta dan mulai menyenangi binatang musang ini. Kecintaan berlanjut dengan usaha Rindy untuk mulai memboyong musang ke rumahnya. Dengan semangat tinggi, dicarilah musang melalui internet dan juga dibantu rekan-rekan. Kebetulan sekali bahwa saat ini Indonesia sudah ada grup pecinta musang CPMI (Community Pets Musang Indonesia). Grup ini bisa diakses melalui www.cpmiku.com. Saat ini anggota CPMI ada sekitar 3000 lebih. Gathering musang pun dilakukan secara rutin di tiap-tiap daerah.

Mencintai dengan kasih sayang
Sama seperti memelihara hewan lainnya, memelihara musang juga butuh kasih sayang. Artinya hewan
tidak hanya dikasih makan dan minum seperlunya. Agar bisa jinak, musang harus kita sentuh setiap hari. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa gampanggampang susah untuk membuat musang jinak total. Namun ini bukan berarti tidak bisa. Ribuan anggota CPMI sudah membuktikan bahwa musang bisa dipelihara.
Berkaitan dengan penyakit, para pecinta musang tidak perlu khawatir karena beberapa penyakit pada peliharaan seperti tokso, tidak ditemui di musang. Artinya musang bukan pembawa virus tokso.
Walaupun begitu, kebersihan tentu menjadi syarat utama agar hewan tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah, bagaimana, siap memelihara musang? Jangan takut.

0 komentar:

Posting Komentar