Musang Semakin Diminati

Jinakkan Dulu Agar Nyaman

Jangan heran jika musang saat ini mempunyai banyak penggemarnya. Di Indonesia ada ribuan pecinta satwa yang memilih musang sebagai peliharaan. Agar aman dan nyaman ada beberapa kiat untuk menjinakkan hewan ini.

Dikenal sebagai jenis mamalia pemangsa, musang ini memang terkenal sebagai hewan yang galak. Tapi nanti dulu, ini berlaku untuk musang di alam liar. Saat dipelihara bersama manusia, si musang juga bisa jinak dan penurut. Hewan malam ini bisa diajak bercanda, dibawa naik motor jalan-jalan dan lain sebagainya. Keluarga musang sendiri sebenarnya ada banyak yaitu musang luwak, musang air, binturong, rase, tenggalung, musang akar, musang galing dan lingsang. Jenis musang yang sering dipelihara yaitu jenis musang bulan dan musang pandan, kemudian inturong, musang akar dan rase. Beberapa jenis dari musang diatas disenangi karena juga merupakan penghasil kopi luwak yang harganya mahal.

Trik menjinakkan musang
Sifat aslinya yang mudah kaget, senang menggigit dan sering kabur atau sembunyi memang sudah melekat
dalam perilaku musang. Namun ini bukan berarti musang tidak bisa dilatih. Asalkan tekun dan sering-sering mencoba, musang juga bisa dijinakkan. Saat pertama kali memboyongnya kerumah, mungkin kita menemui musang yang susah untuk digendong atau masih suka kaget. Bagaimana triknya?
Untuk melatihnya, saat dalam keadaan santai, kita bisa mencoba memegang bagian-bagian yang membuat kaget (sensitif) bagi musang ini seperti daerah kepala, leher dan perut. Untuk amannya, kita bisamenggunakan pelindung tangan. Ingat, ini adalah proses latihan dan mungkin saja tangan kita tercakar atau tergigit. Lakukan langkah diatas dengan santai dan tanpa terburu-buru sehingga si musang juga merasa nyaman. Peletakan/posisi kandang musang juga penting dalam masa latihan ini. Sebaiknya musang kita taruh di kandang yang letaknya strategis. Strategis disini maksudnya musang bisa melihat aktivitas kita. Begitu p u l a s e b a l i k n y a kita juga bisa dengan mudah melihat musang tersebut. Usahakan agar kita sering berada di dekat kandang dan melakukan “hands feed’ agar musang terbiasa dan cepat jadi jinak.
Sebagai tips yang terakhir, mandikan musang saat matahari bersinar terik (sedang panas-panasnya). Setelah selasai mandi, usap-usap musang sambil kita keringkan (dijemur). Sebagai tambahan, tiap sore musang kita elus-elus kepalanya. Sebelumnya basahi dulu telapak tangan kita dengan air.
Trik-trik diatas adalah trik yang sudah dipakai beberapa pecinta musang. Selain trik diatas masih banyak lagi jurus-jurus jitu yang biasa dipakai untuk mninakkan musang. Apapun metodenya, tidak ada salahnya dipraktekkan agar peliharaan kita cepat jinak. (LS)
(Sebagian tulisan berdasarkan postingan bangbangdhoetz Forum CPMI (Community Pets Musang Indonesia), koresponden : Johannes Sjamsir, CPMI Liwa-Lampung Barat)

0 komentar:

Posting Komentar