Modus Operan Pada Pencuri Hewan

Kucing dan Burung Diangkut Sekaligus

Semakin Anda mencintai hewan, usahakan agar mereka mendapat tempat yang layak. Layak disini berarti nyaman dan aman. Masalah keamanan ini penting terutama bila peliharaan Anda harganya jutaan rupiah. Urusan uang mungkin mudah dicari. Perpisahan dengan satwa Anda melalui cara yang menyakitkan (dicuri), sangat tidak enak.

Burung Lovebird
Hewan peliharaan yang harganya mahal, sedang naik daun dan banyak dibicarakan biasanya adalah target bagi pencuri. Para pecinta satwa sebaiknya hati-hati saat ingin melakukan promosi atau jual beli. Banyak sekali pencuri yang profesional dengan merekrut beberapa anak buah. Tugasnya macam-macam, mulai dari mengawasi target, melakukan penawaran fiktif, cek lokasi sasaran dan sebagainya. Semakin banyak data dan informasi, pencurian semakin mudah dilakukan.
Contoh kasus pencurian yang cukup mengecewakan pemiliknya terjadi pada Suryahani (49). Ibu ini tinggal di sebuah perumahan di Yogyakarta. Satwa yang dipelihara adalah kucing Persia dan burung Lovebird. Karena sudah jadi kebutuhan, pemeliharaannya dilakukan dengan intensif. Untuk jenis yang dipelihara memang yang ada harganya. Tak heran jika kucing dan burungnya mempunyai nilai jutaan, bahkan sampai puluhan juta. 

Dini Hari

Tempat terjadi pencurian
Bagi Anda para pemilik hewan, sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi rumah tiap hari. Kondisi yang dimaksud adalah, apakah ada penurunan keamanan?. Misalnya, biasanya menutup pintu, sekarang tidak perlu karena terlalu membosankan. Saat renovasi, biasanya banyak bagian-bagian rumah yang tidak aman sehingga bisa menjadi jalan bagi pencuri. Jika dengan kondisi susah saja pencuri bisa masuk, apalagi jika peluangnya terbuka.





Pencurian burung dan kucing milik Suryahani ini terjadi pada dini hari, sekitar 2 bulan yang lalu saat kondisi gerimis. Pencuri naik melalui tangga samping rumah ke lantai dua. Menurut pemilik, kemungkinan pencuri mengejar target berupa Lovebird yang harganya 2 juta. Saat itu pencuri mungkin melihat kucing ras yang pasti harganya lumayan. Kucing dan burung kemudian diangkut bersama-sama.  Pencuri menenteng burung beserta kandangnya dan membawa serta beberapa kucing. Total kerugian saat itu sekitar Rp 10 juta. 

Kucing yang tercecer
Saat meninggalkan lokasi, tampaknya ada satu kucing yang sudah diambil dan tercecer, atau mungkin berontak. Kucing tersebut kemudian berhasil meloloskan diri dan berkeliaran di lantai dasar rumah.  Seorang putra dari pemilik rumah kemudian mengetahui bahwa kucing tersebut berada di tempat yang tidak semestinya. Si kucing diambil dan dibawa ke kandang. Saat itulah diketahui bahwa beberapa peliharaannya telah lenyap saat gerimis dini hari. Beruntung tidak semua hewan dibersihkan dari rumah.
Walaupun telah dilakukan pelacakan di sejumlah situs jual-beli, sampai saat ini si hewan belum terlihat batang hidungnya. Kemungkinan dijual murah di pasar atau dengan cara terselubung.



Banyak sekali cara yang dilakukan para pencuri untuk mencari keuntungan dengan cara haram. Sebaiknya, ketatkan keamanan di rumah Anda bila banyak terdapat satwa-satwa mahal. Apalagi sekarang, untuk mendapatkan hasilnya, pencuri tak segan-segan melakukan cara-cara kekerasan. (LS)

0 komentar:

Posting Komentar