Memastikan garis keturunan

TES DNA JIKA RAGU!!!
 
Apakah surat silsilah menjamin 100% bahwa peliharaan Anda valid dan bisa dipertanggung-jawabkan keabsahannya?. Seharusnya YA!. Namun masih ada celah yang digunakan bagi mereka yang nakal untuk berbuat curang. Hati-hati!. Di atas kertas memang sudah terbukti sah, namun kenyataannya ada sesuatu yang terkadang kadang “diselipkan.” Ini bukan salah PERKIN, namun ada pada pemilik yang sengaja memalsukan.

Seberapa besar kepedulian Anda terhadap satwa peliharaan, bisa dilihat dengan stambumnya. Stambum berasal dari bahasa BelAnda yaitu stamboom yang berarti silsilah. Lebih mudahnya, disebut juga dengan surat silsilah. Pada manusia, dapat berarti akta kelahiran. Jika Anda mempunyai anjing ras, maka stambum sangat penting untuk menjaga keturunan dan juga menjaga nilai komersialnya. Jika anjing tidak punya surat silsilah, nilai jualnya juga pasti turun. 


Surat silsilah bisa didapat jika indukan anjing memang sudah memiliki surat juga. Jadi untuk mengawali semuanya secara bijak, peliharalah anjing yang ada suratnya. Selain untuk mengetahui siapa bapak dan ibunya, surat ini juga berguna untuk melacak siapakah keturunan di atasnya sampai dengan empat generasi sebelumnya.



Proses stambum

Untuk memperoleh surat silsilah, hal pertama adalah melapor pacak yang dilakukan dalam waktu satu sampai tujuh hari di tempat dimana anjing Anda melakukan pemacakan. Lapor pacak dilakukan oleh pihak anjing jantan. Biaya lapor pacak ini sangat tergantung pada posisi Anda, apakah sudah terdaftar anggota atau belum. Jika belum biayanya lebih mahal. Apalagi jika terlambat. 

Langkah selanjutnya adalah lapor lahir. Langkah ini dilakukan oleh pihak anjing betina. Terakhir adalah permohonan silsilah sekaligus pentatoan. Pentatoan dilakukan pada anak anjing yang umur minimalnya 6 minggu. Anak anjing ditato di bagian telinga dan nomor yang diberikan harus sama dengan yang ada pada surat. Setelah langkah-langkah di atas selesai, Anda sudah aman dan mendapatkan anjing yang mempunyai surat silsilah.

Mencampur anjing lain

Kasus yang bisa timbul saat proses-proses di atas adalah dimana pemilik anjing menambahkan anjing tertentu ke induk yang baru saja melahirkan. Anjing tersebut mungkin saja dari jenis yang sama namun lain induk. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendongkrak harga. Alasannya, anak anjing yang ditambahkan kebetulan bagus namun tidak ada surat silsilah induknya. Alasan lain, bisa saja anak anjing yang ditambahkan tersebut kebetulan kualitasnya tidak terlalu bagus. Dengan mencampurkan anakan anjing ini, maka akan didapat surat silsilahnya. Hal yang akan menjadi masalah adalah saat anjing tersebut besar dan ternyata terlihat perbedaannya. Sementara secara tertulis anjing tersebut sudah didaftar secara legal.  Jika Anda menjadi korban dan tidak puas, bisa dilakukan cek DNA. Biayanya memang tidak murah, lebih dari satu juta. Namun hal ini bisa menjawab rasa tidak puas dan penasaran Anda. 

Secara umum, tes DNA digunakan untuk kasus-kasus seperti:
1.      Anak anjing yang dipalsukan silsilahnya.
2.      Mengetahui keturunan aslinya bila anjing Anda kebetulan sudah mix.
3.      Keperluan penyidikan dan penyelidikan.
4.      Mengetahui jenis saat membeli anjing tanpa surat.
Biaya untuk tes DNA ini bervariasi. Kisarannya mencapai 1 juta lebih, tergantung kebutuhannya. Saat melakukan penelusuran/pelacakan, tentunya banyak dipakai sampel DNA dari beberapa anjing yang diduga keturunannya. Namun untuk mengetahui jenisnya saja, bisa lebih murah karena cukup sekali tes dan dibandingkan dengan bank data yang sudah ada. Pada prinsipnya, jika Anda ragu atau merasa penasaran, gunakan tes DNA agar diketahui kejelasannya. (LS)

0 komentar:

Posting Komentar