“BENGKEL“ BURUNG BERKICAU

Tips untuk Burung Kenari “Kanibal”: Air Buah Mentimun Solusinya.
 
 Saat ini burung Kenari memang sedang tren, disamping suaranya yang merdu dan tampilannya yang cantik dan perawatan yang mudah, burung yang satu ini juga tidak sulit untuk ditangkarkan. Tak heran jika penggemarnya juga semakin bertambah. 

Selain berbagai kelebihan tersebut di atas, salah satu nilai lebih kicauan ini adalah daya tahan terhadap penyakit yang terbilang tinggi. Jarang sekali ditemukan penyakit pada burung  yang ini  yang sampai mengakibatkan  kematian. Justru perilaku tak wajar yang terkadang membuat si empunya stress. Salah satunya adalah kanibal, menurut istilah kicaumania.  



Tanda tanda Kenari kanibal diantaranya :
  1. Tingkahnya menjadi lebih agresif dari biasanya;
  2. Suka memakan bulunya sendiri atau bulu pasangannya (jika sedang dalam proses penjodohan) atau mematuk bulu burung Kenari lainnya;
  3. Membuang telur yang seharusnya dierami, hal ini jelas sekali merupakan kerugian tersendiri bagi sang breeder.
Banyak cara sudah dicoba, dari mulai mengurangi extra fooding berupa telur matang, sampai dengan menambah frekuensi memandikannya. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis, cara–cara di atas ternyata kurang begitu efektif. Dari sekian banyak eksperimen, ternyata solusi yang sudah dicoba dan terbilang manjur ternyata sangat sederhana: air buah mentimun.

Ini dia tipsnya:
  1. Siapkan 1 biji buah mentimun segar , parut dan peras airnya.
  2. Ganti air minum dengan air mentimun segar. 
  3.  Lakukan selama dua sampai tiga hari .
Silakan coba dan lihat hasilnya!
(Muhammad Nurman Santosa, praktisi burung, tinggal di Muntilan)

0 komentar:

Posting Komentar