Lovebird Kian Disuka

Wanita Juga Bisa Pelihara
 
Pelihara burung bukan hanya dilakukan laki-laki. Kaum hawa ternyata juga tak haram mengembangbiakkan burung. Untuk memulainya, pilih burung yang mudah perawatannya. Tentu saja harus dipilih juga burung yang ada nilai jualnya. 

Lovebird barangkali bisa jadi pilihan jika kita ingin memelihara. Burung ini termasuk burung yang banyak peminatnya. Walaupun semua hewan pasti mengalami penyakit, namun Lovebird tergolong mudah perawatannya. Tertarik ? dibawah ini adalah seorang wanita yang memelihara Lovebird.

Bermula dari ketidak-sengajaan, Fifi (39) yang bertempat tinggal di Blabak-Magelang ini mempunyai Lovebird dari sang kakak. Waktu itu, sang kakak memelihara burung Lovebird dirumah. Namun, burung yang dipelihara tidak bertelur dan berkembang-biak. Mungkin tidak sabar atau bosan, burung Lovebird sebanyak 5 pasang berpindah ke tangan Fifi. Setelah berganti pemilik, ternyata si burung bertelur. Dari sini, Fifi mulai serius dengan Lovebirdnya. 

Perawatan Mudah

Menurut Fifi, memelihara Lovebird sangatlahgampang. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah disiplin dalam merawatnya. Setiap hari kandang dibersihkan dari kotoran. Penyemprotan dengan antiseptik dilakukan setiap tiga hari saja.  Untuk pakan burungnya, yang dipakai adalah milet putih dan jagung manis. Gampang, kan?.

Menariknya, burung ini sangat mudah dalam hal penjualan. Jika kita terlihat punya banyak burung Lovebird, pasti pembeli berduyun-duyun menghampiri. Terkadang jika banyak stok, Fifi membawanya ke pasar burung Muntilan. Seperti kita tahu, pasar burung ini merupakan surganya pehobi burung. Kadang-kadang hasil dari penjualan burung ini digunakan untuk membeli indukan. Indukan ini penting untuk meningkatkan produksi Lovebird. 




Soal kendala, Fifi bahkan mengatakan tidak ada. Memelihara Lovebird mudah sekali. Menjualnya juga tidak perlu susah payah. Saat membeli indukan di pasar, Fifi mengingatkan agar kita berhati-hati. Jangan sampai burung yang kita beli membawa penyakit. Kejadian ini pernah dialami kakaknya yang membeli 4 ekor Lovebird yang terkena penyakit snot mata. Akhirnya si burung pun meninggal semua. Nah, jika mau mulai beternak atau sekedar memelihara, mulailah dengan burung yang sehat. (LS)

0 komentar:

Posting Komentar